Haji Adalah Pendidikan: Peralatan Yang Dibutuhkan Bagi Haji Domestik Arab Saudi

Haji Adalah Pendidikan: Peralatan Yang Dibutuhkan Bagi Haji Domestik Arab Saudi

Musim haji telah datang! Dan di antara kita ada ribuan orang yang beruntung, mereka para peziarah ke Baitullah.

Berikut Ini merupakan ide praktis yang lahir dari berbagai pengalaman, untuk dibagikan kepada orang-orang yang Anda kenal yang telah berniat untuk menunaikan haji.

Mungkin Anda bisa membantunya melakukan manasik haji dengan mudah dan ringan, membagikan kisah pengalaman dan tips ini sebagai hadiah.

Haji Adalah Pendidikan

Seseorang bercerita pengalamannya berhaji: “Beberapa tantangan menumpuk bagi saya di awal berangkat haji: ketika saya memulai ihram untuk berhaji dari kota saya, keberangkatan tertunda, dan ketika tiba di Jeddah dan harus menunggu lama di pesawat.

Kemudian beberapa barang bawaan rombongan kami tertahan, kami pun harus menunggu berjam-jam di bus hamlah sampai selesai, kemudian baru kami berangkat perlahan ke Mekah.

Kami datang terlambat, kelelahan, bahkan makan siang terlambat, sementara jamaah haji sudah sangat padat ramai.

Saya merasa gugup dan kesal sepanjang waktu. Tetapi seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit, saya menemukan dalam haji ini, kesempatan untuk menumbuhkan kesabaran, toleransi, dan kedamaian batin.

Di akhir perjalanan, beberapa keadaan terulang; bus tertunda, menunggu mereka yang terlambat dari melakukan wada‘ (perpisahan) dengan Makkah.

Pesawatnya juga delay, tetapi saya menemukan diri saya dalam kedamaian batin yang indah.

Perjalanan haji adalah pendidikan! Ini adalah salah satu hal paling berharga yang saya peroleh selama berhaji.”

Merencanakan Dengan Baik

Di antara persiapan agar dilancarkan dalam berhaji adalah merencanakan membawa bekal yang diperlukan, berikut ini di antaranya:

  • Bawa minimal 2 set kain ihram (bagi laki-laki). Anda akan membutuhkan salah satunya untuk umrah dan yang lainnya untuk berhaji, karena tidak mungkin bagi Anda untuk mencuci dan membersihkannya selama menjalankan haji.
  • Pastikan memilih ikat pinggang yang sesuai, memiliki saku yang dalam untuk menyimpan ponsel dan barang-barang pribadi Anda, seperti iqamah, uang, kartu bank.
  • Tas portabel, dibutuhkan terutama saat melakukan perjalanan di beberapa Masy’aril Muqadassah. Gunakan tas ini untuk menyimpan beberapa kebutuhan medis, tisu, dan mungkin perangkat pengisi daya portabel.
  • Jangan gunakan tas untuk ponsel, uang, kartu bank atau iqamah Anda, tetapi masukkan mereka ke dalam saku atau ikat pinggang ihram bagian dalam.
  • Uang cash secukupnya. Anda tidak akan selalu dapat mengakses mesin ATM dan semestinya uang harus bersama Anda selama manasik haji.
  • Smart Phone. Penting sekali untuk komunikasi dan koordinasi dengan pembimbing rombongan, baik melalui percakapan seluler, pesan di Whastapp Group atau melihat panduan dari online video.
  • Pengisi daya seluler portabel dan kabel ekstensi: Anda tidak akan menemukan port pengisian daya di mana-mana. Jadi, bawalah perangkat portabel berkapasitas tinggi. Dan isi daya ponsel kapanpun Anda bisa.
  • Kipas air semprot genggam. Kipas kecil bertenaga baterai yang menyemprotkan butiran-butiran air untuk menyegarkan.
  • Sepatu yang nyaman. Pentingnya sepatu yang nyaman tidak diragukan. Bawa sepatu yang sudah familiar, sudah dicoba, dan nyaman untuk Anda. Ada banyak perjalanan kaki saat berhaji. Seperti dari tenda Mina ke lokasi Jamarat dan lainnya.

Pakaian Dan Peralatan Kebersihan Pribadi

Di antara yang perlu Anda bawa selama berhaji:

  • Pakaian tidur yang nyaman dan ringan.
  • Pakaian sehari-hari dengan mempertimbangkan bahwa tidak ada kesempatan untuk mencuci pakaian selama berhaji. Serta mengukur dengan banyaknya aktivitas dalam suasana musim panas.
  • Alat kebersihan pribadi yang higienis: hindari membawa sabun, pasta gigi, sampo dan alat kebersihan badan yang memiliki aroma wewangian. Bawa peralatan sikat gigi yang praktis seperti yang bisa dilipat, odol ukuran kecil, dan sabun cair.
  • Pembersih tangan tanpa pewangi, Anda perlu menjaga tangan Anda tetap sehat dan membersihkan tangan Anda secara teratur. Di antaranya ada yang bagian ujungnya dapat dikaitkan ke tas untuk kemudahan penggunaannya.
  • Minyak kayu putih atau sejenis yang sesuai dan biasa Anda gunakan di rumah saat dibutuhkan. Bisa juga membawa obat-obatan yang biasa Anda konsumsi, meski di setiap tenda terdapat dokter dan obat-obatan tersedia cukup.
  • Parfum kecil, dapat Anda gunakan di luar waktu Ihram.
  • Masker untuk perlindungan. Diperlukan saat sebagian protokol kesehatan belum dicabut seluruhnya, juga digunakan saat keadaan tertentu seperti jalanan berdebu.

Untuk Keselamatan Anda

  • Perbanyak minum banyak air putih. Tidak hanya ketika Anda merasa lelah dan haus, tetapi tetap perbanyak minum banyak air.
  • Konsumsi vitamin C secara rutin dan minum suplemen yang diperlukan menjaga stamina tubuh. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang kebutuhan medis Anda jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.
  • Saat berjalan, pelan-pelan. Dan menjauhlah dari kerumunan dan saling mendahului, itu tidak akan membawa Anda ke apa pun tidak peduli seberapa keras Anda mencoba.
  • Akun Kementerian Kesehatan Saudi di Twitter; https://twitter.com/SaudiMOH, nomor terpadu 937 atau nomor yang didedikasikan untuk melayani jamaah haji di 8002494444. Dari sini Anda dapat mendapatkan banyak tips penting tentang keselamatan Anda selama Haji, selain mereka juga menerima pertanyaan dan menjawab pertanyaan Anda.[]

Dinukil dari: bokoor.org

Ditulis oleh: admin