3 Lokasi Yang Menakjubkan Dunia Bagi Jamaah Haji

3 Lokasi Yang Menakjubkan Dunia Bagi Jamaah Haji

Sebagai Khadimul Haramain, Kerajaan Arab Saudi berusaha semaksimal mungkin menyediakan fasiltas dan memberikan pelayanan terbaiknya.

Tidak mengherankan jika saat manasik umrah dan haji di Masya’ir Muqaddasah, jamaah dapat merasakan banyak landmark berupa bangunan, jalan maupun fasilitas yang membuat takjub. Berikut ini di antaranya:

Sumur Zam-Zam

Sumur yang tidak pernah kering sejak ditemukan Hajar, istri Nabi Ibrahim alaihi salam. Sumur zamzam berjarak 20 meter dari Ka’bah dengan kedalaman 30 meter.

Airnya tergolong berkah sebagaimana banyak riwayat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kanal yang dialiri sumur menghasilkan sekitar 11 hingga 18,5 liter per detik.

Sejak tahun 2003, ruang bawah tanah sumur zamzam ditutup pada untuk meningkatkan kapasitas mataf (area di sekitar Ka’bah untuk tawaf).

Ruang bawah tanah dan sumur zamzam saat ini berada di bawah permukaan mataf. Tempat persis di mana Ismail alaihi salam menggosok tumitnya karena kehausan yang hebat ditandai di atas marmer.

Dan lebih dari 40 ribu ton air zamzam disalurkan ke Masjid Al Nabawi sejak awal tahun ini.

Jembatan Jamarat

Jembatan Jamarat adalah salah satu proyek yang paling terkemuka di Mina. Menelan biaya lebih dari 4,2 miliar riyal dan dapat menampung sekitar 500 ribu jamaah haji perjam dengan panjang 950 meter dan lebar 80 meter.

Desainnya telah memenangkan beberapa penghargaan internasional. Jamaah haji tidak perlu kuatir lagi akan bertabrakan karena arus masuk-keluar dari lokasi lempar jumrah dipisahkan sehingga tidak saling bertabrakan.

Kompleks Jamarat Mina ini memiliki 5 lantai yang tersambung dengan dua transportasi jamaah; bus dan kereta api bagi jamaah haji domestik Arab Saudi.

Jalur Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia

Mulai musim haji 1443/2022, jamaah haji dapat memanfaatkan jalur pejalan kaki terpanjang di dunia, menghubungkan tempat-tempat suci mulai dari Arafah, melalui Muzdalifah dan berakhir di Mina.

Total panjang jalur pejalan kaki: 25 KM, terbagi ke dalam 4 jalur memanjang: jalur pertama sepanjang 5.100 M, jalur kedua 7.580 M, jalur ketiga 7.556 M dan keempat: 4.620 M.

Jalur pejalan kaki ini dilengkapi dengan; 57 papan petunjuk jalan, 25 menara penerangan setinggi 30 meter, lebih dari 400 tiang lampu berteknologi tinggi, 100 lampion dengan daya 100 watt, konter makanan dan minuman, toilet baru dengan tekhnologi modern.

Ditulis oleh: News Admin